Sunday 5 August 2012

Tips Tidur yang Berkualitas

tidur berkualitas

Setiap manusia pastilah membutuhkan tidur agar keseimbangan jasmani dan rohani mereka tetap terjaga, dengan itu kesehatan bisa lebih terjaga dan siap untuk aktifitas esoknya, tapi apakah kita tahu bagaimana tidur bisa lebih berkualitas?
Berkualitas dapat diartikan lebih efisien, nyenyak, ataupun menyehatkan, tergantung pada tujuan individu masing-masing. Untuk para pebisnis atau orang yang sangat sibuk, waktu sangatlah berharga, jadi tidur mereka harus efisien dalam kurun waktu yang singkat. Untuk orang yang sedang sakit, tidur mereka untuk menjaga agar badan mereka tidak terlalu dipaksakan berlebihan untuk berkativitas.
Apabila digeneralisasikan maka, tidur memiliki tujuan utama yaitu kesehatan. Dikarenakan setiap manusia membutuhkan waktu dimana tubuh dan pikiran mereka beristirahat total.
Berikut kami sajikan agar tidur lebih berkualitas dan tubuh kita dapat beristirahat secara total.
1. Caffeine dan alkohol
Jangan terlau banyak mengkonsumsi caffein dan alkohol, karena bisa membuat tidur kita kurang sehat dan kadang menyebabkan tidak bisa tidur.
2. Olahraga
Olahraga ringan sebelum tidur dapat melancarkan pernapasan dan peredaran darah, sehingga disaat tidur regenerasi hormon dan metabolisme dapat berjalan dengan sangat baik.
3. Bekerja menjelang tidur
Jangan terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja berat saat menjelang tidur, karena dapat menimbulkan stress walaupun sedikik, dan akan merusak waktu sitirhat anda.
4. Radiasi sinar TV
usahakan jangan tidur dekat dengan tv yang menyala karena cahaya dapat menurunkan pengeluaran melatonin, hormon yang membuat tidur lebih mudah.

No comments:

Post a Comment