Friday 23 November 2012

14 Binatang yang Digunakan Militer di Medan Perang

 
Di masa perang binatang pun dapat dijadikan alat perang yang bisa saja menentukan menang atau kalah. Jenis binatang yang digunakan Gajah, Unta, Kalkun, Tikus, Lumba-Lumba, Burung Merpati dan Burung Falkon (Predator burung Merpati), Kera, Babi. Berikut ini kita simak pembahasan dibawah ini (admin) 

.
 CamelCorpsoftheArabLegionpracticesfiringfromcamelbackduringWorldWarII-1940s.jpg (640×472)



1. Unta yang dibakar hidup-hidup 

Pada tahun 1398 penguasa Mongol saat itu Tamerlane/Timur Leng (1370-1405) melakukan invasi militer ke India. Saat itu India dipimpin oleh Sultan Mahmud Khan yang berpusat di Delhi, dan secara militer India saat itu bukanlah negeri yang dapat dipandang setengah mata. Khan memiliki pasukan gajah berjumlah 120 ekor yang dilengkapi dengan baju zirah besi dan sebentuk pedang melengkung (schimitar) beracun yang ditempelkan di gading gajah-gajah mereka.

Percaya diri akan dengan mudah meraih kemenangan, Khan memerintahkan pasukannya untuk maju menyerang pasukan Mongol yang terkejut ternyata mereka harus melawan pasukan gajah. Terjadi kepanikan di antara pasukan Mongol, sebagian bahkan melarikan diri.
Dalam keadaaan yang kurang menguntungkan itu, Tamerlane yang pernah mendengar bahwa gajah sangat mudah merasa terganggu, memerintahkan pasukannya untuk mengumpulkan unta-untanya ke barisan depan dan menutupinya dengan jerami dan minyak kemudian membakarnya.

Unta-unta malang itu dalam panik berlari serabutan dan tak terkendali ke depan menyongsong pasukan gajah sang Khan. Hal itu membuat formasi pasukan gajah porak poranda, dalam kepanikan dan ketakutan akan api gajah-gajah India balik berlari ke belakang dimana di sana terdapat pasukan infantri India. Yang terjadi adalah gajah-gajah tersebut melabrak dan menginjak-injak pasukannya sendiri. Menyusul hal tersebut,Tamerlane dengan sapuan cepat berhasil menaklukkan India dan merampas gajah-gajah tersebut untuk kemudian digunakannya untuk menaklukkan Ankara, Turki. 

Di masa lampau, hewan ini banyak digunakan di kawasan panas dan kering di Afrika Utara dan Timur Tengah. Karena unta memiliki kemampuan bertahan di kondisi ekstrem dan seringkali tanpa air, di masa perang hewan ini cukup berguna. Bau unta kabarnya membuat takut kuda-kuda yang digunakan musuh. Tentara Persia terkadang mempersenjatai unta mereka. Sedangkan prajurit Arab seringkali menunggang unta saat penyerbuan untuk menaklukan suatu daerah. Peran unta dalam perang merosot sejak berkembangnya senjata api. Tapi, unta masih terlihat digunakan saat Perang Dunia I.
dolphin_1511169i.jpg (620×400)

2. Lumba-lumba pembunuh 
Terjadi di masa perang dingin antara Uni Sovyet dan Amerika Serikat di tahun 1960-an, pihak Amerika Serikat menyadari kecerdasan lumba-lumba akan dapat sangat berguna jika dimanfaatkan. Untuk itu Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) pada tahun 1960 memulai sebuah program pelatihan bagi mamalia laut. Saat itu lumba-lumba dilatih untuk membawa perlengkapan-perlengkapan ke garis depan, atau ke suatu tempat yang berbahaya bagi manusia, selain juga sebagai piranti survey medan. 

Tak lama pihak Uni Sovyet mengetahui hal ini, mereka mulai juga mengembangkan program pelatihan untuk lumba-lumba mereka. Bahkan lebih dari sekedar sebagai satuan pembantu, Sovyet melatih lumba- lumba untuk membunuh! Ya membunuh, lumba-lumba mereka terlatih untuk melakukan serangan kamikaze kepada kapal selam lawan dan menyerang perenang musuh
dengan menusuk menggunakan harpun (semacam tombak panjang yang biasa dipakai pemburu paus).


Seiring waktu, metode pelatihan yang diterapkan pun semakin bervariasi dan kejam. Salah satunya adalah dengan melatih lumba-lumba untuk menusukkan semacam tombak yang
dapat menginjeksikan cairan tertentu (shark darts). Shark darts diisi cairan CO2 bertekanan tinggi yang apabila diinjeksikan ke manusia mampu menyebabkan seluruh isi perutnya keluar melalui mulut dan berakibat kematian.


Walaupun belum ada bukti yang cukup kuat, diduga pihak Amerika Serikat pun melakukan hal yang sama yaitu melatih lumba-lumba untuk membunuh.



Hewan ini memiliki sonar biologis untuk mencari ranjau berdasarkan konsep gema. Pada masa Perang Teluk dan Perang Irak, lumba-lumba milik angkatan laut membantu membersihkan pelabuhan Umm Qasr dari ranjau.

3. Kalkun berparasut 
Pada masa Perang Sipil (Civil War) di Spanyol tahun 1936 antara pihak Anarkis melawan Nasionalis terjadi peristiwa yang cukup menggelikan.Suatu ketika pihak Nasionalis terdesak hingga terpojok ke wilayah berbukit- bukit yang menyulitkan mereka untuk mendapatkan bantuan baik pasukan maupun ransum. Pada peristiwa itu sepasukan tentara yang dipimpin oleh Captain Cortes berhasil mundur dan berlindung ke sebuah biara (Monastery of Santa Maria de la Cabeza), dimana mereka menemukan banyak kalkun di sana. Berkeinginan membantu kawan-kawannya yang terdesak di daerah bukit, mereka memutuskan untuk mengirimi mereka bantuan makanan yaitu berupa Kalkun hidup yang diterjunkan dari pesawat.


 
4. Tikus pengendus ranjau 
Setelah mengalami berdekade-dekade masa peperangan, Mozambique, sebuah negara di pantai timur Afrika telah menjadi sebuah ladang ranjau.Ranjau-ranjau darat yang masih aktif bertebaran di seantero negeri. Seorang pekerja sosial bernama Bart Weetjens mengusulkan untuk menggunakan tikus-tikus untuk mengendus tempat dimana ada ranjau darat tertanam.Sekilas kita akan mengira tikus-tikus tersebut digunakan untuk memicu ranjau darat tersebut untuk meledak
sehingga tidak menelan korban manusia. 


Ternyata bukan begitu cara kerjanya. Nyatanya tikus-tikus lokal berukuran besar tersebut dilatih untuk memberikan sinyal saat mereka menemukan adanya ranjau. Saat menemukan ranjau, dengan iming-iming sepotong makanan tikus-tikus tersebut akan menggaruk-garukkan
kakinya ke tanah memberitahu pawangnya bahwa ada ranjau di titik tersebut. 
Setelah itu tugas penjinak bom-lah untuk mengamankan ranjau tersebut. organisasi sosial Bart menargetkan akan dapat membersihkan area seluas 3.7 juta meter persegi pada tahun 2014, untuk kemudian dia akan memulai hal yang sama di Angola dan Kongo yang memiliki masalah sama
tentang ranjau darat.


 
5. Kuda betina untuk mengganggu kuda musuh
Kuda merupakan hewan yang paling populer saat perang berlangsung. Manusia telah menjinakkan kuda setidaknya sejak 5.500 tahun lalu. Para kesatria di atas kuda bisa merusak formasi pasukan musuh. Stabilitas di atas pelana dan sanggurdi membuat prajurit Mongol dapat berperang dan menembakkan panah dari atas kuda. Pertempuran besar dengan memanfaatkan kuda tidak berakhir, hingga tank dan senapan mesin muncul menjadi favorit.

Pada abad ke-14 SM di Mesir 
tersebutlah seorang pemimpin militer besar bernama Pharaoh Thutmose III.Sang Firaun selalu haus akan penaklukan-penaklukan sehingga semasa hidupnya ia telah mengalami 17 peperangan dan telah menaklukkan sebagian besar Mesir waktu itu. Ia
diakui sebagai seorang jenius di bidang militer, sehingga untuk melawannya pun tidak bisa sembarang taktik digunakan. Hal inilah yang disadari oleh raja Kadesh, sebuah kota kuno di wilayah Syria.

Sadar bahwa ia butuh lebih daripada sekedar taktik perang konvensional sang raja memiliki ide untuk melawan musuhnya dengan menggunakan kuda-kuda betina. Dia tahu bahwa kuda-kuda yang digunakan kereta perang Thutmose III seluruhnya berjenis kelamin jantan, dia bermaksud mengganggu kuda-kuda jantan itu dengan cara melepaskan banyak kuda betina ke medan pertempuran. Hasilnya ternyata cukup memuaskan, taktik ini berhasil mengacaubalaukan pasukan Thutmose III karena kuda-kuda 
mereka berlarian tanpa beraturan mengejar kuda-kuda betina yang dilepaskan raja Kadesh tersebut.



6. Merpati dan falkon pemburu Merpati 
Kita semua telah mengetahui di masa lalu, burung merpati seringkalidigunakan sebagai pengantar pesan.Begitu juga dimasa perang, hingga Perang Dunia II perang burung merpati dalam peperangan masih sangat menentukan. Ada kisah yang cukup inspirasional mengenai seekorburung merpati pembawa pesan bernama Cher Ami yang berhasil menyelamatkan 200 tentara dari
gempuran artileri musuh. 

Burung tersebut membawa pesan permintaan tolong, dan di tengah derasnya hujan peluru burung tersebut berhasil melakukan tugasnya walaupun ia tertembak di dada dan kehilangan salah satu kakinya. Kisah berikutnya terjadi di masa Perang Dunia II . Pihak Inggris telah mengetahui bahwa Jerman menggunakan burung-burung merpati untuk mengirimkan pesan kepada seluruh pasukannya yang tersebar di seantero Eropa saat itu. Bahkan seorang staff Nazi SS dengan bangga mengangkat dirinya sebagai Ketua Perkumpulan Merpati Nasional German (German National Pigeon Society). 

Untuk mengantisipasi ini, pihak Inggris juga membentuk seksi khusus yang bernama Army Pigeon Service Special Section. Walapun memiliki nama berkaitan tentang merpati, di dalamnya ternyata tidak ada merpati satu ekor pun. Melainkan mereka melatih burung-burung Falkon Peregrin yang merupakan musuh alami merpati di alam liar. Burung- burung falkon ini dilatih untuk memburu merpati-merpati pembawa surat dan menggagalkan pengiriman berita.


  
7. Kera
Sebuah laporan koran harian People’s Daily, mengungkapkan bahwa kelompok perlawanan Thaliban di Afghanistan, telah melatih sekumpulan kera di area perbatasan antara Afghanistan dan Pakistan, untuk menjadi bagian dari salah satu taktik peperangan mereka dalam menghadapi pasukan NATO. Laporan tersebut mengatakan pihak Thaliban melatih sekumpulan kera untuk menggunakan sejata Khalasnikovs, senapan mesin ringan dan pelontar mortir, sebagai imbalannya kera-kera tersebut diberi pisang dan kacang-kacangan kesukaan mereka. Namun di dalam laopran People’s Daily, tidak menyebutkan nama atau nara sumber yang ada dibalik kutipan-kutipannya tersebut.

 
8.Anjing
Attila the hun mengerahkan anjing dengan jumlah besar dalam masa ekspansinya. Ketika bangsa Inggris menyerang orang-orang Irlandia, mereka menggunakan sejumlah anjing untuk maju ke garis depan, dan kemudian orang-orang Irlandia juga menggunakan taktik yang sama. Mereka juga menggunakan srigala untuk menyerang ksatria yang menggunakan kuda. Bahkan di abad 20, dalam Perang Dunia I tugas anjing semakin beragam. Mereka ditugaskan untuk melacak dan menemukan prajurit yang terluka di parit-parit medan pertempuran, bahkan mereka dilengkapi dengan masker sehingga aman dari gas apapun. 

Bahkan di Russia, mereka melatih anjing untuk membawa bom, sebagai salah satu cara untuk menghadang serangan tank baja, dan juga pembawa pesan. Dalam Perang Dunia II dan Vietnam, anjing pelacak membantu dalam mengetahui keberadaan dan posisi musuh di hutan belantara. Zaman sekarang anjing di dunia militer digunakan untuk melacak keberadaan bom dan senjata-senjata yang disembunyikan. Sementara anjing yang bersifat agresif digunakan oleh kepolisian untuk menghadang dan mengendalikan kerumunan masa yang bertindak vandal dan anarkis. Bahkan di negara adi daya Amerika Serikat anjing memiliki pangkat lebih tinggi daripada sang partner manusianya.

Orang-orang Spanyol menggunakan anjing yang dipersenjatai saat menaklukan Amerika Selatan di abad ke-16. Anjing juga berperan besar selama konflik di abad pertengahan di Eropa. Tugas anjing di masa modern kini meliputi mendeteksi bom dengan indera penciuman. Di Irak dan Afghanistan, anjing militer dikenakan rompi antipeluru demi menjamin keamanan selama bertugas.


9.Babi
Berdasarkan keterangan dalam sejarah kontemporer, legiun Romawi membiarkan babi liar berkeliaran di medan pertempuran di antara gajah dan meletakkan mereka berada di benteng-benteng pertahanan. Bahkan dalam sebuah pertempuran Diodichi pada abad IV, bangsa Megara melumuri babi hutan dengan minyak, membakar dan mengarahkan babi yang sekarat kepanasan berlarian ke arah musuh.
 
10.Gajah
Sebuah peperangan yang melibatkan binatang seperti gajah tentu sangat tidak umum. Binatang yang memiliki taring (gading), suara yang nyaring dan memiliki kemampuan untuk meremukan apapun yang dilewatinya. Bahkan gajah dijadikan sebuah benteng berjalan, yang ditumpangi oleh beberapa prajurit khususnya para pemanah. Tidak ada jenis binatang apapun yang mampu menembus kepanikan, kemarahan, kebencian, dan kebanggaan sepasukan prajurit yang maju menerjang selain dengan menggunakan mamalia besar ini. India, adalah sebuah negara yang dimasa lalunya memiliki sepasukan militer gajah, kemudian diikuti oleh beberapa negara lainnya seperti di Mesopotamia dan beberapa negara mediterania. Pada 218 SM, Jendral dari Carthaginia, Hannibal, mampu mengusir pasukan Republik Romawi dari Afrika Utara dan Iberi, dengan menggunakan 37 ekor gajah yang melewati wilayah musuh.

artist-impression-of-the-bat-bombs-of-world-war-ii-140442622.jpg (610×492)
11.Kelelawar

Kemarahan Amerika Serikat atas serangan Jepang ke Pearl Harbor menelurkan ide memasang bom di kelelawar. Percikan api diharapkan dapat dipicu untuk membakar kota-kota Jepang saat kelelawar ini bertengger di atap bangunan. Namun rencana ini batal, karena dalam pengujian banyak kelelawar tidak kooperatif dan kabur. Hingga kini, ilmuwan Pentagon masih mempelajari bagaimana mekanisme terbang kelelawar ini untuk mengembangkan desain pesawat dan robot mata-mata.

bee_1415432c.jpg (460×288)
12.Lebah
Sengat lebah bisa jadi senjata mematikan. Di zaman dulu, tentara Roma dan Yunani menggunakan lebah untuk menghalangi musuh. Penggunaan lebah berlanjut saat abad pertengahan, Perang Dunia I, dan Perang Vietnam. Ilmuwan Amerika Serikat juga menemukan kegunaan lebah untuk tujuan damai, yakni mendeteksi ranjau darat.

navy_sealion600.jpg (600×398)
13.Singa Laut
Mamalia ini mampu melihat dalam kondisi cahaya minimal serta bisa mendengar di bawah permukaan air. Singa laut juga bisa berenang dengan kecepatan hingga 40 km/jam dan menyelam hingga kedalaman 300 meter. Dengan kemampuan ini, angkatan laut AS melatih singa laut untuk menandai ranjau.

op-donkey-haul-4.jpg (500×333)
14.Keledai
Tidak sehebat hewan perang lainnya, tapi ribuan pasukan akan menderita jika tak ada Keledai. Pasalnya, hewan inilah yang didaulat membawa makanan, bahkan persenjataan dan barang-barang lain yang dibutuhkan militer. Dulu, tentara Roma membawa satu Keledai tiap 10 legiun. Napoleon Bonaperte juga menaiki keledai saat melintasi Alpen. Keledai masih sering mendapat tugas militer hingga saat ini. Tentara AS bergantung pada hewan ini untuk mengantar barang ke pos-pos terpencil di pegunungan Afghanistan.

4 comments:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<






      SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI KANJENG<=…
      >>>085-320-279-333<<<

      Delete
  2. Kesana Kesini Bigung Cari Bandar Terpercaya Dan Aman.Ayok Daftar Kan Diri Anda.Menang kan Ratusan Juta Hanya Di Sanadomino
    ~ Bandar Poker
    ~ BandarQ
    ~ Poker
    ~ Domino
    ~ Capsa Online
    ~ AduQ
    ~Sakong
    Minimal deposit hanya Rp 20.000
    Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
    * Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
    *Bonus Casback 0,3/0,5%
    Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
    http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
    Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
    Cs sanadomino
    BBM : D86E8C7A 24 Jam Online
    Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
    Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
    dewa poker

    ReplyDelete
  3. ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack

    PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.

    MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!

    ? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
    ? New Yamaha Vixion 150 ( Senilai Rp.25.340.000,- )
    ? Emas Antam 10 Gram ( Senilai Rp.10.160.000,- )
    ? Free Chips 1.500.000
    ? Free Chips 1.000.000
    ? Free Chips 250.000

    SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    => Bonus Cashback 0.3%
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
    => Bonus New Member 10%
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)

    • Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
    • Pusat Bantuan ituDewa

    Facebook : ituDewa Club
    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Telp / WA : +85561809401
    Livechat : ituDewa Livechat

    ReplyDelete