Sunday 8 February 2015

Kuliner Asongan "Halal Guys" di New York, Ternyata Banyak Peminatnya


Makanan berlabel halal akan bersifat lebih universal karena semua manusia dengan agama apapun  bisa menerimanya. Dari sebuah gerobak makanan sederhana di era 90-an, Halal Guys telah berkembang menjadi bisnis waralaba dan kuliner terkenal di jalanan New York, Amerika Serikat. Kini, bisnis yang berawal dari jalanan ini bahkan siap mendunia.


Halal Guys akan membidik pasar nasional dan internasional dengan kuliner Timur Tengah yang fenomenal dalam waktu 5 tahun mendatang.
Antrean panjang pelanggan selama ini telah menjadi ciri khas dari Halal Guys yang pertama kali membuka bisnis di 53rd Street dan 6th Avenue ini. Halal Guys telah menjadi rujukan kuliner di New York selama lebih dari satu dekade.

"Saat pertama kali jalan-jalan ke New York, Halal Guys sudah berada dalam daftar kuliner yang mesti saya datangi," kata Laurie Pattison, seorang pendatang di Manhattan seperti dikutipSaudigazette, Minggu, 1 Februari 2015.
Selain turis, Halal Guys, yang buka hingga Subuh ini, juga menjadi langganan para pekerja kantoran dan sopir taksi.
 

Kisah Halal Guys dimulai saat tiga imigran asal Mesir -Mohamed Abouelenein, Ahmed Elsaka and Abdelbaset Elsayed- memutuskan untuk berhenti menjual hot dog dan menggantinya dengan makanan halal untuk sopir taksi muslim.
"Kami tahu bahwa sebagian besar sopir taksi New York berasal dari Mesir, Pakistan ... mereka sangat kesulitan mendapatkan makanan halal," jelas Abouelenein dalam sebuah wawancara dengan New York Times.

 
Halal Guys kini bersiap memasarkan sistem waralaba melalui kerjasama dengan perusahaan konsultan waralaba restoran, Fransmart.
Cabang pertama Halal Guys dibuka tahun lalu di 14th Street. Selain menawarkan menu reguler, cabang Halal Guys ini juga menyediakan kofta dan makanan ringan seperti basbousa.



Kini bisnis Halal Guys akan diperluas di luar Amerika Serikat. Dalam lima tahun mendatang, Halal Guys berharap bisa membuka 1.000 gerai, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Seperti di Asia Tenggara, khususnya di Filipina dan Korea Selatan.

Dengan 25 tahun lebih pengalaman menjual di jalanan Manhattan, Halal Guys siap menjadi pemain baru yang mewakili kuliner halal Timur Tengah. Halal Guys bisa jadi menjadi pesaing pemain besar seperti McDonald dan Kentucky Fried Chicken.

No comments:

Post a Comment