Tuesday 12 June 2012

10 Ciri Bisnis Online Terpercaya

bisnis online terpercaya

Di internet banyak sekali website yang menawarkan peluang bisnis online. Semua memberikan janji dan iming-iming sukses bahkan tak sedikit yang menawarkan kaya raya dalam sekejap. Karena terlalu banyak tawaran, seringkali kita dibikin bingung. Manakah bisnis online terpercaya di internet?
Harus disadari, di internet memang banyak — apa yang diklaim sebagai peluang bisnis — yang sebenarnya tipu-tipu. Modusnya macam-macam, mulai dari sekedar setor uang beberapa puluh ribu, beli pulsa, jualan ebook, tugas mengetik, dan banyak lagi. Orang seringkali tertarik bergabung karena modal yang diminta nilainya tidak terlalu besar. Katakanlah, Rp.10.000, 50.000, atau 100.000. Sementara itu penghasilan yang dijanjikan bisa sampai tak terhingga!
Saya tidak akan membahas model-model bisnis online yang berpotensi scam karena sangat banyak jenisnya. Dalam kesempatan ini, hanya akan disebutkan beberapa ciri-ciri bisnis yang layak dipercaya, tentu saja berdasarkan pengalaman pribadi.
1. Tidak ada biaya keanggotaan
Bisnis online yang mapan di internet pada umumnya tidak memungut biaya apapun untuk bergabung dengan program mereka. Sumber pendapatan mereka tidak berasal dari iuran anggota melainkan dari bisnis inti yang mereka jalankan. Contohnya, untuk ikutan afiliasi Amazon, Clickbank, Google Adsense, dan lainnya, semua orang bisa daftar gratis.
2. Tidak diharuskan beli produk
Selain tidak memungut biaya membership, bisnis online yang mapan juga tidak mewajibkan partnernya membeli produk terlebih dulu agar bisa bergabung dengan mereka.
3. Tidak disuruh merekrut orang
Bisnis yang paling bisa dipercaya di internet adalah yang tidak menyuruh merekrut anggota dan tidak menarik iuran dari anggota baru.
4. Memiliki model bisnis yang jelas
Model bisnis yang paling umum di internet adalah jual-beli (e-commerce) dan periklanan (advertising). Biasanya keduanya memberikan income kepada partner-nya berupa fee jika ada produk yang terjual atau sharing pendapatan dari iklan. Karena itu, tiap ada peluang bisnis online ditawarkan harus diteliti apakah masuk perdagangan elektronik atau periklanan. Jika tidak masuk salah satunya, peluang tipu-tipu makin besar.
5. Makin besar makin bisa dipercaya
Perusahaan besar tentu akan menjaga reputasi mereka. Jika kita ikut program dari sebuah perusahaan yang sudah tercatat di bursa (go public) tentu lebih bisa kita percaya ketimbang bisnis yang ditawarkan pihak yang tidak jelas asal-usulnya. Yang kecil biasanya gampang kabur jika bisnisnya tak berkembang.
6. Makin tua makin bagus
Banyak bisnis datang dan pergi di internet. Semakin tua sebuah bisnis di internet maka semakin punya modal untuk dipercaya. Karena makin panjang umurnya berarti bisnis mereka sudah teruji.
7. Tidak pamer screenshot
Semakin banyak screenshot dipamerkan semestinya kita semakin hati-hati. Dengan bantuan editor gambar seperti photoshop laporan rekening bank, paypal, dan cek, bisa dibuat dalam sekejap.
8. Butuh skill yang baik
Banyak skill yang sebenarnya harus dikuasai sebagai syarat bisa sukses cari income di internet. Keterampilan itu biasanya bahasa inggris, programming, dan menulis. Menguasai semua akan sempurna, tapi jika punya salah satunya masih bisa outsource kepada orang lain.
9. Perlu kerja keras
Bisnis online terpercaya sudah pasti menuntut kerja keras — bukan sekedar buka internet dan mengetik— agar memperoleh hasil yang maksimal. Jika bisnis yang ditawarkan tak menuntut kerja keras tapi income yang dijanjikan besar, maka bersiap-siaplah untuk kecewa.
10. Sama-sama untung
Bisnis online yang terpercaya bersifat win-win. Artinya, semua menarik manfaat dan tidak ada pihak yang dirugikan. Sebaliknya bisnis tipu-tipu di internet kebanyakan menggunakan skema ponzi, money game, mlm, dan banyak lagi. Yang daftar belakangan tak akan mendapatkan apa-apa.
Sebagai penutup, sebenarnya banyak bisnis online yang bisa dipercaya di internet. Bisnis yang baik juga menawarkan income yang bagus setimpal dengan kerja yang dicurahkan. Banyak yang sukses meraih penghasilan lebih dari $50.000 per bulan dari internet. Jika anda ingin tahu bisnis online terpercaya silahkan belajar dari mereka.

No comments:

Post a Comment