Monday 2 December 2013

1.000 Pesepeda "Mati" di Jalanan Kota London

Pengguna sepeda demo dengan berpura-pura mati di jalanan kota London.

Bersepeda menjadi tren di kota kota Indonesia sebagai salah satu cara yang sehat untuk berolahraga, disamping sebagai gaya hidup. Banyak yang menggunakan sepeda untuk beraktivitas sehari-hari. Seperti bekerja, bermain, ataupun sekedar berkeliling. Namun banyak jalan yang tidak bersahabat bagi pesepeda, terutama di kota-kota besar.

Sehingga menggunakan sepeda sering dijadikan alternatif, dan digunakan sewaktu-waktu. Tak luput juga kota besar dunia, seperti London yang kurang bersahabat bagi pengguna sepeda.



Seperti dikutip dari businessinsider, hari Jumat, tanggal 28 November kemarin, ribuan pesepeda berdemo di jalanan kota London, mereka melakukannya dengan tiduran, dan berpura-pura mati, sebagai protes terhadap jalanan yang kurang bersabahat bagi pesepeda.


Selain itu, mereke juga membawa sepeda dan membaringkannya di jalanan, sehingga tak ayal, jalanan pun ditutup untuk umum, karena banyaknya jumlah pedemo. Selain itu, demo ini juga sebagi bentuk buruknya sistem transportasi di negara maju tersebut.



Demo ini juga dilakukan setelah enam pesepeda terbunuh dalam dua pekan di jalanan kota London. Mereka menginginkan infrastruktur yang lebih baik lagi, terutama bagi pengguna sepeda. Mereka tidak mnggunakan kata-kata dalam berdemo, hanya membaringkan diri mereka dan sepeda, seperti orang yang meninggal di jalanan.

Komentar Admin :
Jalur sepeda sebaiknya tidak selalu paralel dengan jalan raya, Di Jakarta dan kota kota besar di Indonesia banyak "jalan tikus" jalan kecil/gang, jalan tepi sungai, jalur penghijauan linier  yang dapat dimanfaatkan untuk jalur sepeda. Di daerah tropis sebaiknya "bike track" pada jalur yang ada keteduhan pepohonan untuk mengurangi teriknya matahari. Disarankan setiap kawasan perumahan baru mempunyai jalur sepeda yang menyatu dengan jogging track dan areal hijau yang linier demi kenyamanan dan keamanan pengendara . 
via :expresiku
Informasi terkait dapat dilihat di :
http://gossipa-ina.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment