
Kemajuan teknologi informasi dapat memberikan peluang pekerjaan yang dapat ditangani dengan cara membuat kantor kecil di rumah yang biasa disebut SOHO (Small Office Home Office). Banyak hal keuntungannya yaitu tidak terjebak macet, tidak perlu absensi ketat seperti di kantor umumnya. Bagaimana mendisiplinkan diri agar tetap dapat bekerja optimal seperti di kantor ? mari kita simak tipsnya berikut ini
Ada 5 hal yang perlu Anda praktikkan agar tetap produktif walau bekerja di RUKANCIL (RUmah KANtor KeCIL), seperti dikutip dari Huffington Post, Selasa (26/5/2015):
- Berpikir seperti bekerja kantoran
Pada umumnya suatu perangkat perusahaan agar berjalan lancar adalah adanya
struktur seperti Jam kerja, daftar apa yang perlu dikerjakan setiap harinya,
dan deadline. Inilah yang menjadi jebakan bagi mereka yang
bertransisi kerja di rumah. Salah satu trik untuk mensiasatinya adalah
berpura-pura bahwa Anda merupakan pemilik perusahaan. Buat jadwal
sedetil mungkin, dan berlatihkan mendisiplinkan diri.


- Eliminasikan faktor distraksi
Peralatan televisi,
smartphone, dan internet merupakan faktor distraksi nomor satu. Kecuali untuk jenis pekerjaan yang terkait dengan hal tersebut.Matikan televisi dan telpon genggam bila tidak perlu selama bekerja.
- Jadwalkan waktu istirahat
Penekanan
ada pada kata jadwalkan. Anda perlu beristirahat untuk mengurangi
stres. Jadwalkan waktu istirahat bekerja selama 10 menit hingga 15
menit, dan waktu makan siang selama satu jam. Manfaatkan waktu itu untuk
melakukan peregangan, makan, dan bahkan bersosialisasi secara langsung
atau melalui media sosial.

- Kenakan pakaian yang bagus
Sadar
atau tidak, apa yang Anda kenakan secara bawah sadar mengontrol
perilaku Anda. Mengenakan pakaian tidur sepanjang hari, atau bahkan
tidak mandi terbukti merupakan faktor Anda merasa malas.
Saat baru bangun, langsung cuci muka, mandi, sisir rambut, gunakan make-up, atau apapun yang akan Anda lakukan selayaknya akan pergi bekerja. Dengan begitu, Anda akan merasa jauh lebih siap dalam menyelesaikan pekerjaan.

Saat baru bangun, langsung cuci muka, mandi, sisir rambut, gunakan make-up, atau apapun yang akan Anda lakukan selayaknya akan pergi bekerja. Dengan begitu, Anda akan merasa jauh lebih siap dalam menyelesaikan pekerjaan.

- Lokasi itu penting
Jika dalam hal
nyaman, Anda mungkin berpikir untuk bekerja di tempat tidur. Namun, hal
ini tidak dianjurkan, karena terbukti, bekerja di tempat tidur membuat
Anda merasa lebih malas. Lingkungan sangat berpengaruh pada tingkat
produktivitas, sehingga, Anda sebaiknya cari tempat lebih kondusif.

Bagi seseorang yang tidak punya ruang kerja sendiri di rumah, dapat memilih lokasi yang sunyi dan bisa memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan. Jika merasa jenuh dengan lokasi, Anda juga bisa pergi ke kedai kopi atau perpustakaan terdekat
No comments:
Post a Comment