Friday 14 December 2012

Benarkah Makanan Panggang Menyebabkan Keriput ?



Anda suka dan sering mengadakan pesta BBQ?
Ternyata, selain alkohol, sinar matahari, dan kurang tidur, keriput juga bisa disebabkan oleh konsumsi makananan panggang atau BBQ.Penyebabnya adalah kandungan AGE atau Advanced Glycation End yang kerap ditemui pada makanan yang diolah dengan dipanggang. Senyawa AGE berpotensi merusak, terutama jika mengalami pemanasan dalam suhu tinggi, dan dapat mempercepat penuaan. Makanan yang dipanggang berpotensi menambah jumlah senyawa itu.

“AGE adalah reaksi antara karbohidrat (gula dan zat tepung) dan protein atau lemak pada suhu tinggi,” kata Dr. Anastasia Kalea, dari University College London.
“Hewan atau makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi, otomatis kaya akan AGE dan berpotensi membentuk senyawa AGE baru bila Anda memasaknya dalam suhu tinggi,” jelasnya.
Proses memanggang dan menggoreng menghasilkan senyawa AGE lebih banyak dibandingkan merebus atau mengukus. Sebagai gambaran, senyawa AGE pada sepotong ayam yang dimasak di microwave menjadi empat kali lipat jika dipanggang.
Pada dasarnya, semakin tinggi suhu dan semakin lama memasak, AGE yang terbentuk makin banyak. Penelitian menunjukkan senyawa AGE mudah diserap ke dalam tubuh dan jika terlalu banyak  dapat menyebabkan keriput dan kulit kendur karena kerusakan kolagen dan elastin, yang seharusnya menjaga kulit tampak muda. (DailyMail/nel)

No comments:

Post a Comment