Friday 12 April 2013

Masjid Tertua di Korea Selatan sebagai Obyek Wisata


Kalau anda sedang traveling dan ingin shalat pergi ke masjid di Korea Selatan, jangan kuatir untuk mencari tempat sholat, disana  ada masjid Raya Seoul yang merupakan masjid tertua dan dan terbesar di Korea yang dibangun pada tahun 1976. Disamping itu masih ada masjid lainnya









Di Korea saat ini sudah berdiri sekitar 7 Mesjid .Bagi sebagian masyarakat Korea ajaran Islam memang masih sedikit asing, hal ini mungkin disebabkan oleh penyebaran agama Islam tidak segencar agama lainnya, tapi ternyata penduduk keturunan Korea yang beragama Islam diperkirakan kurang lebih sudah mencapai 45.000 jiwa.

Kalo mau berkunjung ke mesjid yang terbesar dan tertua di sana, bisa pergi ke daerah Itaewon disana ada Mesjid Raya Seoul yang merupakan mesjid tertua dan terbesar di Korea. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1976-an. 

Biasanya setiap hari Jumat, mesjid ini selalu ramai dikunjungi oleh umat Islam yang datang dari daerah sekitar kota Seoul yg ingin mengadakan Sholat Jum'at. Paling tidak ada sekitar 800 jemaah yang melaksanakan sholat Jumat disana dan mayoritas dari mereka adalah orang Arab, Pakistan, Turki, dan orang asli Korea sendiri.

Sebagai satu-satunya masjid di Seoul, Seoul Central Masjid telah menjadi seperti tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi orang Korea pada akhir pekan untuk mendengar pembicaraan atau ceramah tentang Islam.
Para turis2 yang berkunjung pun harus sopan dan rapih menggunakan pakaiannya supaya menghormati lingkungan masjid. Tapi tenang sudah disedikan pakaian dan kain untuk menutup tubuh yang terbuka auratnya. 


Jadi seperti  umat Islam, kristen, Budha  diperbolehkan berkunjung ke Pura umat agama Hindu di Bali dengan memakai kain dan ikatannya yang telah disediakan pengurus Pura.

Dan khusus pada bulan Ramadhan mesjid ini juga menyediakan menu untuk berbuka puasa. Makanya tidak heran kalo mesjid ini juga selalu ramai setiap bulan puasa. Bahkan Masjid ini juga selalu diisi oleh orang- orang yang mengaji hingga menjelang makan sahur. Syukurlah, ternyata kebiasaan orang Islam di Indonesia selama bulan puasa, juga dapat kita temui di Korea. 

No comments:

Post a Comment